Burung Sulawesi Tengah

Burung merupakan satwa yang mempunyai arti penting bagi suatu ekosistem. Satwa ini antara lain membantu penyebaran tumbuhan yang ada di suatu kawasan serta dapat menjadi daya tarik wisata bagi berbagai wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu lokasi yang mempunyai arti strategis dalam kaitan dengan konservasi burung serta pemanfaatan untuk daya tarik wisata adalah Bird Endemic Area.

Salah satu Bird Endemic Area di Indonesia adalah Taman Nasional Lore Lindu yang memiliki luas 217.991,18 ha, terletak di jantung Pulau Sulawesi, memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, karena berada di daerah walacea, pada titik pertemuan 3 lempeng dunia pada awal pembentukan Pulau Sulawesi.

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu mempunyai arti penting dari segi konservasi burung di Sulawesi Tengah. Beberapa Data Balai Taman Nasional Lore Lindu menyebutkan bahwa kawasan ini dihuni oleh paling tidak 267 jenis burung, 97 diantaranya merupakan spesies endemik. Beberapa spesies endemik, antara lain: Elang Sulawesi (Spizaetus lanceolatus), Nuri Sulawesi (Tanygnathus sumatranus), Rangkong (Rhyticeros cassidix), Maleo (Macrocephalon maleo) serta lainnya.

RSS
Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Whatsapp