Kecamatan Balaesang

Secara adminstratif Kecamatan Balaesang berada di Kabupaten Donggala – Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan secara geografis wilayah kecamatan ini berada pada posisi 0008’27” LU – 0010’26” LS dan 119058’22” – 119046’13” BT. Letak wilayah Kecamatan Balaesang membujur dari arah selatan ke utara, dengan luas seluruhnya 313,43 Km2.

Pada Zaman Kekuasaan Maradika-Maradika (Kerajaan) Sebelum Indonesia Merdeka, Wilayah kekuasaan Kerajaan Balaesang belumlah seluas Kecamatan Balaesang sekarang ini, wilayahnya hanya meliputi beberapa desa saja yang ada di Balaesang bagian tanjung.

Desa pertama yang ada di Balaesang adalah Desa Rano yang merupakan desa leluhur Balaesang. Dengan pesatnya perkembangan jumlah penduduk dan tuntutan ingin mengembangkan kehidupan, maka menyebarlah sebagian penduduk dari Desa Rano ke daerah pesisir, sebagian ke Desa Ketong sehingga sekarang penduduk yang ada di Desa Malei. Selanjutnya kedudukan Kerajaan Balaesang menetap di Desa Ketong. Sedangkan penduduk yang ada di Desa Malei mencapai jumlah yang cukup banyak dan akhirnya menyebar ke arah barat dan membentuk sebuah desa baru yaitu Desa Kamonji. Demikianlah awal mulanya wilayah kekuasaan Kerajaan Balaesang di Tanjung Balaesang.

Namun demikian dengan adanya empat desa di wilayah Tanjung Balesang yang merupakan wilayah Kerajaan Balaesang belumlah cukup bagi Sang Raja. Tetapi selalu tertanam niat untuk memperluas wilayah kekuasaan, sehingga akhirnya meletuslah pertempuran antara Kerajaan Balaesang dan Kerajaan Tawaili dengan tujuan memperluas wilayah. Pasukan Kerajaan Tawaili dikenal dengan sebutan pasukan Njabu. Pertempuran ini dimenangkan oleh pasukan Kerajaan Balaesang dan tempat berakhirnya pertempuran di Parimpi Desa Lende (sekarang Kecamatan Sirenja). Di tempat inilah terjadi kesepakatan kedua belah pihak bahwa wilayah Kerajaan Balaesang selatan terbatas di Parimpi Desa Lende dan wilayah Kerajaan Tawaili Utara juga sampai di Parimpi Desa Lende yang merupakan batas wilayah Kecamatan Balaesang Sekarang.

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan download Kecamatan Balaesang Dalam Angka.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.