Larva Lymantriidae: Ulat Bulu di Daun Ebony

Lymantriidae_2Ulat Bulu yang ditemukan di daun ebony – kayu hitam (Diospyros celebica) di halaman rumah (Palu, Sulawesi Tengah) ini merusak daun, mulai dari serangan ringan dengan gejala meninggalkan bekas gigitan dan menyisakan urat daun, hingga serangan dengan gejala daun menjadi berlubang-lubang atau bahkan habis dimakan.

Walaupun tubuh ulat ini relatif kecil (panjang kira-kira 1,5 cm), namun penampilannya dapat membuat kita menjadi merinding. Rambut yang tumbuh di bagian kepala (seperti sungut) berwarna hitam dan lebih panjang dibanding dengan rambut yang tumbuh di bagian lain. Yang terasa mengganggu, rambut di sekujur tubuh ulat ini menimbulkan reaksi gatal-gatal apabila bersentuhan dengan kulit kita. Bahkan, saya dan isteri dalam 3 hari ini sering gatal-gatal, diduga diakibatkan rambut ulat ini yang lepas dibawa angin dan mengenai kulit kami.

Ulat ini merupakan larva dari salah satu spesies Famili Lymantriidae (Ngengat), dan dari hasil browsing internet kemungkinan termasuk dalam Genus Euproctis? (tapi ini baru dugaan, bisa jadi bukan ini). Barangkali teman-teman ada yang tahu, mohon di-share

Lymantriidae_1

RSS
Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Whatsapp