Vegetasi di Tahura Sulawesi Tengah

Kapopo 0Taman Hutan Raya (Tahura) Paneki-Poboya yang dikenal pula dengan nama Tahura Sulawesi Tengah terletak di Sebelah Timur Kota Palu dan di Sebelah Utara Ibu Kota Kabupaten Sigi (Bora) pada posisi antara 119º 54’ 48” – 120 º 0’ 24” BT dan 0 º 51’ 30” – 0 º 53’ 24” LS. TAHURA Sulawesi Tengah memiliki kawasan seluas ± 7.128 ha yang merupakan gabungan Cagar Alam Poboya seluas 1.000 ha, lokasi Pekan Penghijauan Nasional (PPN) XXX atau Hutan Wisata Kapopo seluas 128 ha dan kawasan Hutan Lindung Paneki seluas 6.000 ha.

Ekosistem yang ada di Tahura Sulawesi Tengah didominasi pepohonan dan tumbuhan lainnya yang berada pada ketinggian 100 – 1.500 dari permukaan laut, dengan kondisi topografi lokasi yang datar, berbukit dan bergunung, dan kemiringan lokasi antara 8 – 60 persen. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam kawasan Tahura Sulawesi Tengah terdapat sekitar 159 jenis tumbuhan, yang terdiri atas; jenis pepohonan 100 jenis, jenis rerumputan 13 jenis, liana, strangler, efifit, saprofit dan parasit 22 jenis dan palmae 5 jenis.

Jenis vegetasi berupa tingkat pohon dan tingkat tiang yang berada di dalam dan sekitar lokasi Tahura adalah pepohonan yang tumbuh secara alami dan yang dibudidayakan. Pepohonan yang dijumpai adalah Johar (Cassia seamea), Gamal (Gliricidae maculata), Asam (Tamarindus indica), Angsana (Pterocarpus indicus), Akasia (Acacia auricauliformis), Kayu putih (Melaleuca leucadendron), Kayu Jawa (Lannea grandis), Kemiri (Aleuretes moluccana), Mangga (Mangifera indica), Nangka (Arthocarpus integra), Sukun (Arthocarpus altilis), Sengon laut (Paraserianthes falcataria), Jembolan (Eugenia jembolana), Jati (Tectona grandis), Akasia (Acacia auricauliformis), Mahoni (Swietenia macrophylla), Randu (Ceiba petandra), Trembesi (Albisia procera), Jati putih (Gmelina arbórea), Eboni (Diospyros celebica), Cendana (Santalun álbum), Biti (Vitex gofassus), Lamtoro (Leucaena glauca), Karui (Acacia nilotica), dan lain-lain. Sedangkan jenis-jenis vegetasi semak dan belukar yang dapat dijumpai adalah: Jarak merah, Roviga, Kaktus, dan lain-lain.

Tahura Sulawesi Tengah
Tahura Sulawesi Tengah

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.