Air Terjun Monggonit, Kabupaten Buol

Panorama alam yang dapat dijumpai di sekitar lokasi Air Terjun Monggonit berupa keindahan dan kesejukan ekosistem hutan yang didominasi pepohonan yang masih alami.

Kondisi alami yang terdapat di lokasi ini dikarenakan potensi jasa lingkungan ini belum mendapat sentuhan pengelolaan yang intensif sebagai lokasi wisata.

Bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Buol atau tamu luar kota yang sedang berada di Kabupaten Buol, melakukan rekreasi dan wisata di lokasi yang masih alami – seperti di Air Terjun Monggonit ini menjadi pilihan bijak, setelah kita merasa terbiasa dengan pemandangan pantai dan laut.

Lokasi Air Terjun Monggonit secara administrasi terletak di Desa Monggonit, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasi tersebut termasuk di dalam Kawasan Hutan Produksi Konversi, di sekitar wilayah Pengelolaan KPH Pogogul, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah.

Desa Monggonit berada di sebelah selatan Kota Buol, yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua yang kurang lebih ditempuh selama satu jam, melalui jalanan yang sudah beraspal. Setelah sampai jalan desa dan kendaraan diparkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki karena lokasi air terjun berada di dalam Kawasan hutan. Perjalanan kaki ditempuh sejauh sekitar satu kilometer.

Bagi masyarakat Desa Monggonit, potensi alam seperti air terjun dan air yang mengalir dari kawasan hutan merupakan sumber penghidupan – terutama sebagai sumber air untuk kehidupan sehari-hari. Karena itu, masyarakat sangat berkepentingan untuk menjaga kelestariannya.

Gambaran lainnya, wilayah Desa Monggonit berdasarkan Daerah Aliran Sungai (DAS) berada di DAS Buol Sub DAS Alimbungan yang berperan penting bagi wilayah Kabupaten Buol. Kekhasan lainnya adalah bentang alam yang dimiliki wilayah ini mulai dari yang landai hingga kelerengan yang curam. Kondisi alam ini membentuk kearifan masyarakat dalam pemanfaatan sekaligus pelestariannya agar alam selalu menjadi berkah.

Mari berwisata alam di Air Terjun Monggonit.